Tempe Makanan Khas Indonesia Berprotein Tinggi

16 Agustus 2020 - Kategori Blog

Tempe Makanan Khas Indonesia, Tempe pasti semua orang mengenalnya, tempe merupakan makanan khas yang bisa di temui di setiap kota di Indonesia. Makanan ini biasanya mempunyai bentuk bentuk khas, yaitu berbentuk bongkahan persegi. Makanan ini terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang diberi sejenis jamur atau kapang yang masuk dalam genus rhizopus.

Sebagai Tempe Makanan Khas Indonesia yang berasal dari Jamur dan merupakan bakteri pembuat tempeh ini mempunyai spora beterbangan di udara, tertempel pada debu yang dimudahkan oleh iklim yang tropis. Perlu di ketahui jenis debu yang membawa jamur untuk tempe ini biasa suka menempel pada daun waru atau jenis daun jati. Ciri-ciri dari daun yang berjamur bisa kita lihat pada bagian bawah permukaan daun dalam bentuk serabut berwarna putih.

Tempe Menurut William Shurtleff dan Akiko Aoyagi

William Shurtleff dan Akiko Aoyagi, dalam bukunya yang berjudul The Book of Tempeh, menempatkan tempe kedalam salah satu makanan olahan yang merupakan hasil fermentasi. Mereka juga mengurutkan tempe menjadi sejajar dengan proses fermentasi pembuatan keju, yogurt, dan tentu saja roti. Tempe juga merupakan makanan yang sangat unik disebabkan oleh aromanya yang sedap dan bentuknya yang mudah untuk diiris atau dipotong selayaknya daging.

Lebih dari itu, tempe adalah makanan yang memiliki rasa lezat dengan kandungan nutrisi yang sangat baik. Bagi mereka yang vegetarian atau kalangan/orang yang tidak memakan daging, tempe merupakan salah satu alternatif diet utama bagi mereka.

Kandungan Dalam Tempe

Tempe yang masih baru atau segar tercatat memiliki rata-rata kandungan protein hingga 19,5 persen. Sejajar dengan daging ayam 21 persen, daging sapi, 20 persen, telur 13 persen dan susu 3 persen. Lebih dari itu, kualitas protein yang bisa dimanfaatkan tubuh hanya sedikit lebih rendah dari daging ayam dan daging sapi.

Tempe Makanan Khas Indonesia yang selalu dibandingkan dengan tahu, namun sebenarnya tempe tidaklah seperti tahu yang juga dibentuk dari olahan protein yang ada dalam kedelai, memiliki kandungan serat yang tinggi lengkap dengan nutrisi vitamin B12 yang dihasilkan proses fermentasi. Seperti telah diketahui, vitamin B12 membuat zat-zat terbaik dari kedelai sangat mudah dicerna oleh tubuh. Proses fermentasi juga merupakan alasan yang membuat tempe bisa dijadikan makanan yang empuk dan sangat mudah dimasak.

Bagi para pemerhati makanan yang sehat, tempe merupakan berkah yang nyata dan tidak ada duanya. Dalam 100 gram tempe hanya bernilai 157 kalori, sangat rendah akan lemak jenuh, dan dengan kandungan kolesterol yang hampir nol.

Tempe in English

Tempe dalam bahasa inggris disebut dengan Tempeh, tempe juga sering disebut dalam kalimat dan artikel bahasa inggris dengan sebutan Tempeh Food from Indonesia atau Tempe Makanan Khas Indonesia.

Si tempe kedelai itu sebenarnya bukan hanya satu-satunya jenis tempe yang ada. Namun banyak juga hasil olahan makanan fermentasi dari beberapa biji-bijian lain seperti kacang tanah yang menghasilkan oncom dan menjes, kacang koro yang bisa menghasilkan tempe benguk, kacang lamtoro yang bisa menghasilkan tempe mlanding, sampai ampas tahu yang bisa di buat menjadi gembus.

Tempe di Daftarkan Ke UNESCO Sebagai Makanan Khas

Pada tahun 2015 lalu, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia bersama dengan Forum Tempe Indonesia atau sering disebut dengan FTI telah sepakat untuk mendaftarkan tempe sebagai salah satu warisan budaya Indonesia non benda ke UNESCO. Namun Sayangnya sampai saat ini belum ada kabar lanjutan dari pihak terkait mengenai hal ini. Infonya sih, dari pihak UNESCO sedang kebanjiran pendaftaran calon warisan budaya benda dan non benda dari seluruh dunia yang menyebabkan pendaftaran tempe membutuhkan waktu yang sangat lama.

Baru-baru ini juga banyak media yang mencoba mengangkat kembali pamor dari tempe sebagai makanan tradisional Indonesia atau Tempe Makanan Khas Indonesia.  Upaya ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat INndonesia akan budaya bangsa kita sendiri dan menyuarakan pentingnya pengakuan dari UNESCO atas tempe. Sebenarnya ada beberapa alasan tentang mengapa tempe perlu sekali diakui sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia oleh lembaga dunia.

Tempe 100% Asli Indonesia

Berbeda dengan sobat karibnya, yaitu si tahu yang berasal dari Negeri tirai bambu atau yang kita sebut sekarang Tiongkok, tempe itu adalah 100% berasal dari Negei kita tercinta, Indonesia. Untuk lebih tepatnya tempe itu berasal dari daerah pulau Jawa bagian tengah. Hal ini didasarkan dari ungkapkan di dalam Serat Centhini, yaitu sebuah kumpulan syair yang didasarkan dari perjalanan anak-anak Sunan Kalijaga yang menjelajahi Pulau Jawa.

Namun hal ini juga tidak ada yang tahu pasti tentang kapan dan dimana tepatnya tempe pertama kali dibuat. Satu hal yang pasti dapat kita sepakati, makanan yang terbuat dari kedelai itu telah banyak dikenal sebelum Serat Centhini ditulis pada abad ke-18. Dalam karya sastra tersebut, terdapat sebuat kalimat yang menyebutkan kata tempe, kalimatnya yaitu “jae santen tempe” yang berarti sejenis makanan tempe bersantan serta kedele tempe serundengan.

Cara Membuat Tempe Khas Indoensia

Tempe merupakan makanan yang sangat ideal bagi dunia yang semakin merata. Tempe adalah jaminan dari makanan dengan rasa yang lezat ditambah dengan cara produksi yang mudah dan murah dibarengi dengan kualitas nutrisi yang sangat tinggi. Berdasarkan dari buku “The Book of Tempeh”  karya William Shurtleff , dapat kita rangkum menjadi lima keunggulan tempe yang disarikan sebagai berikut :

Keunggulan Tempe Menurut William Shurtleff

  1. Tempe dapat diproduksi dengan cara yang paling sederhana, bisa dilakukan di berbagai tempat dengan teknologi yang sederhana pula, bahkan tidak memerlukan mesin yang rumit.
  2. Tempe adalah produk yang memperbanyak tenaga kerja dengan ongkos produksi yang bisa dibilang rendah, hal itu karena yang dibutuhkan hanyalah kedelai, air bersih, dapur yang sederhana, dan pembuatan biang tempe yang mudah.
  3. Sangat ideal diproduksi oleh negara-negara yang beriklim tropis. Iklim tropis mempunyai andil untuk memudahkan produksi yang tak pernah putus karena bisa dilakukan di dalam ruangan disepanjang musim.
  4. Proses produksi Tempe dengan cara fermentasi memanglah sangat sederhana dan sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 24 hingga 48 jam. Jika dibandingkan dengan produk fermentasi lainnya seperti keju atau anggur misalnya. Variasi tempe dapat dihasilkan dari sebuah ampas dari produk olahan lain. Tempe gembus, dage, hingga oncom merupakan contoh dari jenis tempe yang dihasilkan dari ampas produk-produk lain.
  5. Rasa dan aroma tempe mempunyai sebuah ciri yang khas. hal ini membuat tempe bisa ditempatkan dalam berbagai macam sajian makanan dengan berbagai jenis resep dan selera global. Tempe mempunyai versatilitas yang sangat tinggi yang membuatnya bisa ditempatkan di berbagai macam masakan. Mulai dari Gulai dan Kari di Asia sampai Sandwich dengan berbagai jenis Kue Panggang di Eropa.

Manfaat Tempe Khas Indonesia

Seperti yang telah di bahas di atas, Tempe mempunyai banyak manfaat, mulai dari membantu pencernaan sampai mengurangi kolesterol. Dilansir dari Healthline tempe mempunyai manfaat yang berbagai macam, yaitu:

1. Membantu Pencernaan dan Mengurangi Peradangan

Tempe mengandung prebiotik, yang berfungsi dapat membantu meningkatkan kesehatan dari pencernaan dan berpotensi untuk mengurangi peradangan. Fermentasi yaitu proses yang melibatkan dalam pemecahan gula oleh perpaduan bakteri dan ragi. Melalui fermentasi, asam fitat yang ditemukan dalam kandungan kedelai dipecah, kemudian membantu dalam meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Tempe Makanan Hasil Fermentasi Khas Indonesia

Makanan fermentasi yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung probiotik, yang mana merupakan bakteri menguntungkan yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan ketika dimakan.

Akan tetapi, tempe memang kaya dengan kandungan prebiotik-jenis serat yang meningkatkan pertumbuhan dari bakteri menguntungkan yang berada dalam sistem pencernaan Anda. Studi telah menemukan bahwa kangdungan prebiotik meningkatkan pembentukan asam lemak rantai pendek di dalam usus besar. hal ini termasuk butyrate yang merupakan sumber energi utama dari sel-sel yang melapisi usus besar kita.

2. Makanan yang mengandung Tinggi Protein

Tempe memang mengandung banyak sekali protein. Beberapa dari penelitian menunjukkan bahwa diet kaya protein bisa menstimulasi termogenesis, yang bisa mengarah pada peningkatan metabolisme dan membantu tubuh kita untuk membakar lebih banyak kalori setiap kali kita setelah makan.

Diet tinggi protein yang terdapat pada tempe bisa membantu untuk mengendalikan nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. ada juga studi yang menemukan bahwa makanan ringan dari kedelai yang berprotein tinggi dapat memberikan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan ringan tinggi lemak.

3. Mengurangi Kolesterol

Secara tradisional tempe dibuat dari kedelai. Kandungan alami yang merupakan senyawa tumbuhannya disebut isoflavon. Isoflavon dari kedelai telah dihubungkan dengan penurunan kadar kolesterol.

Satu ulasan mengamati 11 studi dan menemukan bahwa isoflavon kedelai mampu secara signifikan untuk menurunkan kolesterol total dan LDL. Studi lain melihat dari efek protein kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida. 42 dari peserta diberi diet yang mengandung protein kedelai atau protein hewani selama periode enam minggu.

Hasilnya jika Dibandingkan dengan protein hewani, protein kedelai dapat menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) 5,7% dan kolesterol total 4,4%. Ini juga dapat menurunkan trigliserida sebesar 13,3% (21 Sumber terpercaya).

4. Mengurangi Stres

Studi dapat menunjukkan bahwa kandungan isoflavon kedelai juga mempunyai sifat antioksidan dan dapat pula mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, atom yang sangat tidak stabil, dan dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Akumulasi radikal bebas berbahaya telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan isoflavon bisa mengurangi penanda dari stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan didalam tubuh. Dalam studi lain telah dimenemukan bahwa suplemen dengan kandungan isoflavon kedelai mempunyai efek yang menguntungkan bagi beberapa penyakit yang terkait dengan stres oksidatif.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe adalah sumber kalsium yang baik dan mineral yang bertanggung jawab menjaga tulang kuat dan padat. Asupan kalsium yang memadai dapat mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi yang berhubungan dengan keropos tulang.

Walaupun produk susu adalah sumber kalsium yang paling umum, penelitian menunjukkan bahwa kalsium dalam tempe diserap sebaik kalsium dalam susu. Sehingga menjadikan tempe pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium.

Tempe Khas Indonesia Punya Banyak Manfaaat

Akan tetapi beberapa orang juga mempertimbangkan untuk membatasi asupan tempe bagi mereka. Mereka yang alergi kedelai harus menghindari tempe sama sekali. Makan tempe dapat memicu respons alergi bagi mereka yang alergi terhadap kedelai, yang dapat mencakup gejala seperti gatal-gatal, pembengkakan atau kesulitan bernapas.

Selain itu, kedelai dianggap sebagai goitrogen, suatu zat yang dapat mengganggu fungsi tiroid. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada fungsi tiroid, namun mereka yang mengalami gangguan fungsi tiroid membatasi mengonsumsi tempe.

Makanan olahan Tempe

Tadi kita sudah mengenal bagaimana cara membuat tempe, manfaatnya bahkan mengutif hasil penelitian. Nah kali ini kita akan membahas makanan apa saja yang bisa disajikan menjadi makanan enak yang berbahan tempe. Diantaranya itu akan kami sajikan sebagai berikut:

1. Tempe Orek

Tempe Orek merupakan makanan tradisional yang sangat mudah dibuat oleh kita bahkan dari dapur rumah kita. Makanan ini juga berasal dari tanah Jawa. Orek adalah makanan olahan tempe yang dipotong-potong persegi panjang yang kecil. kemudian dimasak dengan gula dan juga kecap. Tak ayal, rasa manis mendominasi namun banyak juga yang mengawinkan tempe orek dengan cabai.

Banyak resep pilihkan serta cara yang praktis untuk kita coba masak sendiri di rumah. Bumbu seperti bawang putih, cukup diiris halus. Tambahkan sedikit kaldu untuk menghadirkan rasa gurih. Sedangkan rasa pedas bisa kita dapatkan sekaligus dengan manis dari Kecap Manis Pedas. Kecap ini  sekarang banyak beredar di toko dan pasar terdekat. Tidak membutuhkan waktu lama, bahkan hanya dengan waktu 45 menit, dari kita mulai meracik bumbu sampai bisa dihidangkan.

2. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan adalah makanan olahan dari tempe yang berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya kota Purwokerto. Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang digoreng setengah matang atau hingga berwarna kekuning-kuningan. Hasil dari masakan tersebut bisanya mempunyai struktur yang lunak cenderung ke lembek.

3. Tempe Bacem

Dikutip dari Wikipedia, tempe bacem merupakan sajian makanan dari daerah Jawa Tengah, tepatnya daerah Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Orang yang berdomisili di Yogyakarta biasanya menyukai olahan bacem yang bercitarasa manis, yaitu perpaduan bumbu khas gula merah. Sebenarnya bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk, biasanya untuk produk tempe dan tahu. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi tahan lama atau awet. Bacem tempe dan tahu biasanya dimakan hangat-hangat dengan nasi. Di daerah Kaliurang, bagian dari Yogyakarta ada Makanan  yang bernama jadah bacem.  Makanan yang bernama jadah/uli yang disajikan berbarengan dengan tahu dan tempe bacem.

4. Keripik Tempe

Selain dijadikan olahan lauk untuk nasi, tempe juga bisa dijadikan cemilan atau makanan ringan. Salah satunya diolah menjadi keripik. Keripik tempe memiliki rasa yang khas. Teksturnya renyah, rasanya gurih, juga cita rasa tempe tetap terasa saat dinikmati.

Keripik tempe biasanya banyak ditemui di daerah Jawa Barat, terutama di Bandung. Biasanya keripik tempe ini dijadikan buah tangan atau oleh-oleh. Salah satu keripik tempe yang paling terkenal adalah KERIPIK TEMPE OVALCHIPS. Dimasak dengan cara khusus dan terpisah. Proses pembuatan KERIPIK TEMPE OVALCHIPS sangat higienis dan menggunakan alat pengering minyak, sehingga memiliki kandungan minyak yang sangat rendah. Oleh karena itu, cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

KERIPIK TEMPE OVALCHIPS tersedia dalam rasa:
– Jagung Bakar
– Balado (tidak pedas)
– Rumput Laut

Ayo, segera nikmati cemilan khas Bandung ini.

 
Chat via Whatsapp